achoey.weebly.com
Ilmu Komputer
 
Picture
Sebelumnya saya sudah menuliskan langkah-langkah bagaimana menggunakan domain .co.cc untuk Google Apps yang memungkinkan kita mempunyai alamat email seperti [email protected] tapi tetap dengan interface dan fitur yang dimiliki Gmail. Masih melanjutkan topik seputar penggunaan domain .co.cc tersebut, kali ini saya akan menuliskan langkah-langkah menggunakan domain .co.cc untuk Blogger sebagai alamat blog. Misalnya saya memiliki alamat blog di Blogger http://siapanamague.blogspot.com, maka saya dapat mengubah alamat blog saya tersebut menjadi  http://siapa.namague.co.cc atau http://apa.namague.co.cc. Jadi, satu domain .co.cc yang didaftarkan dapat digunakan juga untuk beberapa blog dengan menggunakan subdomain-subdomainnya sebagai alamat (URL).
Sebelumnya, Anda harus sudah mempunyai domain .co.cc. Jika belum, Anda dapat mencari domain yang diinginkan pada website CO.CC [aff], dan untuk gambaran langkah pendaftarannya dapat dibaca pada tulisan saya sebelumnya pada bagian awal langkah-langkah yang harus dilakukan. Selain itu, Anda juga harus sudah memiliki blog di Blogger. Jika belum, silahkan mendaftar dan mebuat blog baru di sana.


Picture
Selanjutnya login ke website CO.CC dan masuk ke pengaturan (setup) untuk domain yang akan dijadikan alamat blog. Pilih pegaturan dengan metode Zone Records kemudian tambahkan CNAME record baru. Misalnya saja, saya ingin menggunakan subdomain siapa.namague.co.cc, maka pada Host isikan siapa.namague.co.cc, Type/pri pilih CNAME, dan Value diisi ghs.google.com. Sedang jika ingin menggunakan domainnya langsung namague.co.cc, hal ini tidak dimungkinkan karena penambahan CNAME record dengan Host domainnya tidak dimungkinkan. Tetapi kita dapat menambahkan www.namague.co.cc  sebagai CNAME record baru, karena www.namague.co.cc diperlakukan sebagai subdomain. Selanjutnya klik tombol Add Record. Agar nantinya blog juga dapat diakses dengan menggunakan alamat www di depannya seperti www.siapa.namague.co.cc, maka perlu juga ditambahkan CNAME record baru dengan Host diisi www.siapa.namague.co.cc, Type/Pri pilih CNAME, dan Value diisi  ghs.google.com. Sama seperti di atas, selanjutnya klik tombol Add Record.

Selanjutnya Anda masuk ke Blogger, dan pilih blog yang akan diatur alamatnya menggunakan domain co.cc di atas. Di sini saya mencontohkan untuk pengaturan dengan interface Bahasa Indonesia. Pilih menu Pengaturan, kemudian sub menu Publikasikan. Di sini nampak alamat yang aktif adalah Alamat Blogspot, pada contoh adalah http://siapanamague.blogspot.com. Masih pada halaman ini, klik link Domain Kustom, seperti digambarkan berikut:


Picture
Pada halaman berikutnya yang tampil, klik link Beralihlah ke pengaturan lanjut.
Picture
Pada halaman berikutnya, pada isian Domain Anda, masukkan alamat baru yang akan digunakan yang menggunakan domain .co.cc yang sebelumnya sudah disiapkan. Misalnya saja, di sini saya memasukkan siapa.namague.co.cc, dilanjutkan klik tombol Simpan Pengaturan.
Picture
Setelahnya, kembali klik menu Pengaturan kemudian submenu Publikasikan. Di sini nampak yang aktif adalah alamat baru dengan domain .co.cc. Selanjutnya beri tanda centang pada opsi Mengarahkan www.siapa.namague.co.cc ke siapa.namague.co.cc, dan tentu disesuaikan dengan domain yang ada miliki. Selanjutnya klik tombol Simpan pengaturan.
Picture
Proses pengaturan sudah selesai, tapi untuk melihat hasilnya, umumnya memerlukan waktu beberapa menit atau bisa jadi jam agar blog di Blogger bisa diakses dengan alamat barunya.

Selanjutnya bagaimana dengan pengunjung blog Anda yang sebelumnya mengetahui blog Anda dengan alamat blogspot.com? Tenang saja, ketika pengunjung mengakses blog Anda dengan alamat blogspot.com, pengunjung akan diarahkan ke alamat barunya yang menggunakan domain .co.cc. Selanjutnya Anda tinggal sosialisasikan alamat baru tersebut yang mungkin dianggap lebih keren ke teman dan pengunjung Anda, misalnya dengan membuat satu entry tersendiri untuk menginformasikan perubahan alamat tersebut.

Selamat Mencoba.

1/23/2012 08:53:42 pm

tapi sekarang co.cc dibanned sama google, jadi gak bisa juga setup domain co.cc utk blogspot. kejam ya?

Reply



Leave a Reply.

    Archives

    February 2011

    Categories

    All
    Domain CO.CC
    Ilmu Komputer

    RSS Feed


Glitter Words
[Glitterfy.com - *Glitter Words*]